Rabu, 09 April 2014

Perbedaan Lucid Dream (LD) Dengan Astral Projection (AP)

Dari pengamatan saya, masih banyak sekali yang salah kaprah mengenai hakikat perbedaan antara Astral Projection (AP) dengan Lucid Dream (LD). Hal ini sebenarnya sangat wajar, karena memang perbedaan antara keduanya sangatlah tipis sekali bahkan tak jarang seseorang yang mengalami salah satu dari kedua hal tersebut diatas, justru bingung sendiri untuk mengenali ke bagian mana ia sebenarnya sedang berada. Berikut ini saya akan coba untuk menjelaskan tentang perbedaan antara keduanya agar nantinya tidak bingung lagi ketika sedang mengalaminya.

A. Lucid Dream (LD)
Secara etimologis dapat diartikan sebagai mimpi yang nyata. Ada beberapa karakteristik (ciri khusus) dari LD ini, diantaranya adalah:
1. Saat LD, baik tubuh kasar maupun tubuh halus kamu, keduanya dalam keadaan tertidur, hanya kesadaran kamu saja yang tetap bangun.
2. LD adalah mimpi, jadi sgala apapun yang kamu alami dan lakukan didalamnya adalah mimpi yang bernilai semu (tidak nyata).
3. Dalam LD, apapun dapat kamu ciptakan disana dan kamu dapat mengontrol segalanya termasuk seluruh karakter didalamnya sesuai dengan keinginanmu, dengan kata lain tak ada batasan sama sekali.
4. Jika pengalaman LD kamu selesai, kamu hanya tinggal bangun saja dan tersadar kembali.

B. Astral Projection (AP)
Dapat diartikan sebagai proyeksi (pembelahan) tubuh halus pada diri kita. AP juga mempunyai beberapa karakteristik tertentu, diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Pada saat Ap, hanya tubuh kasar kamu saja yang tertidur, sementara tubuh halus atau vragel kamu tetap bangun.
2. Pengalaman yang kamu rasakan saat AP adalah benar-benar nyata dan terjadi.
3. Pengalaman saat AP terjadi dimulai dari kamar tidur kamu atau dimanapun tubuh kasar kamu berada untuk kemudian kamu dapat menjelajahi sgala tempat-tempat yang kamu mau. Seluruh tempat serta apapun yang kamu inginkan dapat kamu buat tapi kamu gak bisa mengontrol seluruh karakter (penduduk) yang ada pada tempat kamu melakukan perjalanan AP. Dengan kata lain, kamu dapat menciptakan lingkungan namun tidak dapat mempengaruhi karakter-karakter yang ada disana.
4. Bila kamu sudah selesai melakukan perjalanan AP, kamu tinggal kembali ke tubuh kasar kamu dan menggabungkan vragel dan tubuh kasar kamu untuk selanjutnya dapat kembali bangun dan tersadar.

Nah, demikianlah beberapa hal mendasar mengenai LD dan AP, semoga dapat membantu kamu yang masih bingung untuk membedakan keduanya.. :)


4 komentar:

  1. Kalo pas bangun dari lucid dream, kitanya inget ga?

    BalasHapus
  2. Kalo pas bangun dari lucid dream, kitanya inget ga?

    BalasHapus
  3. Gw pernah ngalamin 2x , bangun tidur trus seperti biasa minum nonton tv gw kaget spontan tiba2 gw bangun lagi berada di tempat tidur lagi? Itu dsebut LD/AP? Sumpah aneh bgt rasanya

    BalasHapus
  4. kalo tidur tanpa bermimpi [Sering]. masalah gak ya.??

    BalasHapus